Selamat Ulang Tahun, Doraemon!





Selamat Ulang Tahun, Doraemon! "03-09-2112"

Doraemon. Siapa yang tidak mengenalnya? Mendengar namanya, pasti teringat dengan karakter film animasi asal Jepang berbentuk robot kucing berwarna biru, yang memiliki segudang peralatan ajaib yang tersimpan di kantongnya.


September memiliki arti khusus bagi sang Robot Kucing tersebut, karena pada bulan tersebutlah diceritakan sang Robot “lahir” ke dunia. Ya, 3 September. Inilah ulang tahun sang Robot Kucing dari masa depan kesayangan kita semua.





Doraemon “dilahirkan” di dalam pabrik dalam keadaan bertelinga dan berwarna kuning


Doraemon adalah robot kucing dari abad 22 yang dibuat di Pabrik Robot pada 3 September 2112 di Jepang. Doraemon berwarna kuning dan bertelinga. Ia memiliki berat 129,3 Kg, tingginya 129,3 cm, dan berkekuatan 129,3. Selain itu, Doraemon memiliki kantong empat dimensi yang menempel di perutnya yang dalam bahasa Jepang kantong ini disebut yƍjigen-pocket. Dari kantong ini, Doraemon dapat mengeluarkan berbagai peralatan canggih.





Doraemon kehilangan telinga akibat dimakan tikus. Sejak saat itu ia sangat takut pada tikus


Suatu hari, sebuah robot tikus memakan telinga Doraemon ketika Doraemon tertidur. Doraemon pun menangis begitu keras sampai air matanya melunturkan warna kuning tubuhnya. Begitulah bagaimana Doraemon berubah menjadi biru dan tidak bertelinga lagi dan menjadi sangat takut pada tikus.





Sewashi, sang pemilik Doraemon yang mengutusnya pergi ke abad ke-20 demi memperbaiki hidup Kakek Buyutnya, Nobita


Doraemon kemudian melakukan perjalanan ke masa lalu atas perintah Sewashi sang pemilik Doraemon yang pertama. Doraemon dikirim ke masa lalu dengan tugas membantu Nobita Nobi, kakek bunyut Sewashi yang saat itu masih menduduki kelas 5 SD untuk memperbaiki masa depannya. Doraemon melakukan perjalanan menggunakan Mesin Waktu dan keluar melalui laci meja di kamar Nobita. Dia tinggal dengan Nobita sejak saat itu.


Setiap kali Nobita mendapatkan masalah, Doraemon mengeluarkan peralatan dari kantong empat dimensi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Nobita. Inilah yang menjadi inti cerita dari serial Doraemon di setiap episodenya yang pernuh dengan pelajaran moral seperti tanggung jawab, kejujuran, keberanian, keluarga, saling menghormati, dan cinta lingkungan.





100th Years Before the Birth of Doraemon Celebration Event!


Bulan September 2012 ini merupakan moment unik yang memberikan keistimewaan tersendiri karena kita tidak hanya merayakan hari lahirnya Doraemon tapi juga merayakan 100 tahun sebelum kelahiran Doraemon.


Animation International Ltd. sebagai agensi pemegang lisensi resmi Doraemon mewujudkan keistimewaan ini melalui berbagai kampanye yang menarik dan sangat berbeda dari yang pernah ada. Di Indonesia sendiri, Animation international menyelenggarakan rangkaian event 100th Years Before the Birth of Doraemon sepanjang tahun 2012 ini.


Acara yang akan segera diselenggarakan pada September ini adalah event Doraemon Journey to Adventure, yang akan berlangsung dari tanggal 17 September 2012 sampai dengan 30 September 2012 di Botani Square Mall Bogor. Ayo datang dan nikmati meriahnya perayaan 100th Years Before the Birth of Doraemon!





Selayang Pandang Doraemon di Indonesia


Tokoh Doraemon itu sendiri sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat di Indonesia. Mulai dari buku komiknya yang banyak menghiasi toko-toko buku setempat sampai film Animasinya yang bisa disaksikan setiap hari Minggu pagi. Puntak lupa dengan bermacam pernak-pernik dan merchandise lainnya yang beredar di pasaran seperti buku tulis, boneka, tas, hingga kertas tissue.





Para Seiyuu yang pernah menyuarakan Doraemon dari kiri ke kanan : Anita Riyadi (1990), Nurhasanah Iskandar (1990-2006 & 2006-sekarang), dan Selvy Hosizah (2006)


Buku Komiknya sendiri telah diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo sejak awal dekade 90an bersamaan dengan masuknya banyak serial-serial komik Jepang ke pasaran Indonesia dan serial Animasinya sendiri ditayangkan di waktu yang hampir bersamaan oleh stasiun TV RCTI dengan hak siar pada saat itu dimiliki oleh PT Hikmah & Chusen. Kini lisensi resmi atas serial Doraemon dimiliki oleh PT Perdana IMMG Indonesia dan Animation International Ltd.


Serial animasinya sendiri masih bisa disaksikan di layar kaca hingga sekarang dan merupakan salah satu program terlama yang pernah ditayangkan oleh RCTI. Tak lupa dengan serial-serial Movie-nya yang telah beberapa kali menghiasi layar bioskop di Indonesia.


Untuk “menghidupkan” suara sang Robot Kucing tersebut ke dalam Bahasa Indonesia, tercatat ada 3 orang Seiyuu yang pernah mendapatkan kehormatan tersebut. Tercatat Anita Riyadi sebagai orang pertama yang menyuarakan Doraemon ke dalam Bahasa Indonesia kemudian digantikan oleh Nurhasanah Iskandar yang juga sempat digantikan oleh Selvy Hosizah untuk beberapa saat. Saat ini peran Doraemon sendiri masih dipercayakan oleh Nurhasanah Iskandar yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam “menghidupkan” sang Robot Kucing.


Segenap keluarga besar KAORI Nusantara mengucapkan selamat ulang tahun untuk Doraemon yang ke -100. Tetaplah menghibur dan memberikan impian sembari mengajarkan akan arti kehidupan kepada jutaan pasang mata hingga 100 tahun ke depan.

Berkomentar lah yg sopan di Anime Loverz
EmoticonEmoticon